AUGMENTED REALITY (AR)

Augmented Reality atau AR adalah teknologi yang memperoleh penggabungan secara real- time terhadap digital konten yang dibuat oleh komputer dengan dunia nyata. Augmented Reality memperbolehkan pengguna melihat objek maya 2D atau 3D yang diproyeksikan terhadap dunia nyata. AR dapat digunakan untuk membantu memvisualisasikan konsep abstrak untuk pemahaman dan struktur suatu model objek. Beberapa aplikasi AR dirancang untuk memberikan informasi yang lebih detail pada pengguna dari objek nyata.

CARA KERJA AR

Teknologi AR dapat diaplikasikan untuk semua indera, termasuk pendengaran, sentuhan dan penciuman. Selain dapat digunakan dalam bidang seperti kesehatan, militer, industry, manufaktur, AR juga telah diaplikasikan dalam perangkat-perangkat yang digunakan banyak orang seperti contoh saja smartphone. Augmented Reality bekerja berdasarkan deteksi citra, dan citra yang digunakan adalah marker. Cara kerjanya adalah kamera akan mendeteksi marker yang diberikan, kemudian setelah mengenali dan menandai pola marker webcam akan melakukan perhitungan apakah marker sesuai dengan database yang dimiliki. Bila tidak, maka informasi marker tidak akan diolah, tetapi bila sesuai maka informasi marker akan digunakan untuk me-render dan menampilkan objek 3D atau animasi yang telah dibuat sebelumnya. ini ditampilkan dengan dibantu perangkat mobile. Disini perangkat mobile bertugas memberikan output berupa proyeksi objek 2 dimensi maupun 3 dimensi dengan dunia nyata secara real-time.

JENIS – JENIS AR

·         Marker Based Augmented Reality

Beberapa orang menyebutnya image recognition. Karena jenis AR ini memerlukan objek visual khusus dan kamera untuk memindainya. Objek visual bisa berbentuk apa saja, dari kode QR yang dicetak hingga simbol khusus. Contoh penggunaan marker based AR adalah filter pada Instagram

·         Markerless Augmented Reality

Jenis ini yang menjadikan Augmented Reality dipakai secara luas. Markerless AR menggunakan teknologi GPS, pengukur kecepatan, kompas digital serta akselerometer yang tertanam dalam perangkat untuk menyediakan data berdasarkan lokasi. Jenis ini umum digunakan untuk memetakan arah, dan aplikasi seluler berbasis lokasi lainnya. Contohnya pada pengembangan game seperti Pokemon GO

·         Projection Based Augmented Reality

Projection based Augmented Reality bekerja dengan cara memproyeksikan cahaya buatan ke permukaan real. Dalam beberapa kasus memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengannya. Ini seperti hologram yang dilihat di film bergenre sci-fi seperti Star Wars. AR ini mampu mendeteksi interaksi antara pengguna dengan proyeksi melalui perubahannya.

Contoh Penerapan Augmented Reality
  • Media Sosial

Sosial Media menjadi bidang yang paling terdampak dengan kehadiran AR, biasanya yang kerap digunakan ada di dalam platform Instagram.Ini terbukti dengan beberapa filter yang mampu menampilkan objek 3 dimensi yang diproyeksikan dengan menggunakan smartphone pengguna.

·         Pengembangan Game

Salah satu penerapan AR dalam dunia Game adalah pada game Pokemon GO. Realitas tambahan dari augmented reality membuat permainan Pokemon Go seperti benar-benar terjadi dikehidupan nyata. Pada pengembangan game ini memanfaatkan fitur GPS dan kompas yang ada didalam smartphone kemudian dari game akan memunculkan objek tertentu pada koordinat tertentu secara realtime.

·         Medis

Dalam dunia medispun juga menerapkan teknologi AR, contohnya saja AR digunakan sebagai pelatihan medis untuk tenaga medis. Bisa berupa aplikasi maupun peralatan operasi dan kesehatan lainnya..

·         Dunia Broadcasting

Mulai dari siaran cuaca hingga acara lainnya, AR sudah lumrah berada di layar kaca televisi dan jika terdapat acara yang berkualitas dari segi objek visualnya maka dapat dikatakan acara tersebut sudah memanfaatkan teknologi AR.

.

1 thought on “AUGMENTED REALITY (AR)”

  1. Artikel blognya terkait AR bermanfaat sekali. Pemanfaatan kemajuan teknologi di berbagai sektor selama era digitalisasi membawa dampak yang signifikan untuk masa depan. Teknologi AR VR, yang meliputi perkembangan Augmented Reality dan Virtual Reality, membuka peluang bagi pengguna untuk merasakan pengalaman imersif yang mendalam dan inovatif.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Halo!
untuk info lebih lanjut
bisa chat disini...