Pemanfaatan Sistem Gerbang Tol Digital, Apa Itu RFID (Radio Frequency Identification)?

Sistem gerbang tol secara manual akan memerlukan proses yang lama karena adanya  interaksi antara penjaga gerbang tol dan pengendara kendaraan. Kadang interaksi ini dapat  menimbulkan kemacetan yang panjang. Kemajuan teknologi sekarang yang terus berkembang  memungkinkan kita untuk meminimalisasi segala permasalahan yang ada pada sistem gerbang  tol sekarang ini, salah satunya yaitu sistem gerbang tol digital dengan menggunakan RFID  (Radio Frequency Identification). 

Teknologi stiker Radio Frequency Identification (RFID) ini memungkinkan mobil  untuk terus melintas saat melewati gerbang tol. Sebagaimana telah diujicoba oleh tim detikOto  bersama komunitas Velozity Chapter Jakarta, mobil bisa melaju sampai 30 km/jam saat  melintasi gerbang tol dan pintu tol terbuka secara otomatis. 

RFID (Radio Frequency Identification) merupakan sebuah alat yang bekerja dengan  memanfaatkan gelombang frekuensi transmisi radio untuk menyampaikan data yang berisi  nomor unik. Teknologi RFID yang dirancang untuk system pelayanan di gerbang tol terdiri dari  suatu chip yang dilengkapi dengan antenna internal tanpa membutuhkan catu daya. Bentuk tag  RFID sendiri hanya sebesar kartu kredit yang hanya perlu diletakkan pada suatu tempat di  kendaraan.  

Teknologi ini memiliki kelebihan karena cara penyampaian datanya yang tanpa  menggunakan kontak tertentu dan mampu bekerja di setiap kondisi lingkungan. Adapun  kekurangannya yaitu, apabila chip RFID membaca Tag RFID secara bersamaan, maka hal ini  bisa menimbulkan kekacauan informasi akibat tabrakan informasi dari pembaca yang  menerimanya. Tetapi kendala ini, dapat diselesaikan pada kemampuan kecepatan dari  penerimaan data. Dengan begitu untuk chip RFID yang masuk belakangan dianggap data  berikutnya.

Daftar Pustaka: 

D. Eridani, Y. Christiyono, dan I. Santoso, “Simulasi Gerbang Tol Menggunakan RFID (Radio  Frequency Identification)”, MAKALAH SEMINAR TUGAS AKHIR, Jurusan Teknik  Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, 2017 

Sodikin, Suwarno dan E. Supriyanto, “Penerapan Sistem Pelayanan Otomatis Berbasis  Teknologi RFID Untuk Mengeliminasi Antrian di Pintu Tol”, Jurnal Teknik SIpil UBL,  Vol. 2 No.1, April 2011

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Halo!
untuk info lebih lanjut
bisa chat disini...